Pendaftaran SIM Internasional

Surat Izin Mengemudi Internasional

Surat Izin Mengemudi Internasional adalah SIM untuk mengemudikan kendaraan bermotor yang berlaku secara Internasional dengan SIM yang berlaku dinegara yang menerbitkan SIM International tersebut. Secara regional SIM Indonesia belaku di negara-negara Anggota ASEAN berdasarkan hasil kesepakatan seluruh anggota ASEAN, demikian juga negara-negara Uni Eropa melakukan perjanjian yang sama di negara-negara anggota Uni Eropa.

Dasar Penerbitan SIM Internasional

Dasar penerbitan SIM Internasional adalah kesepakatan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Vienna Convention on Road Traffic tahun 1968 yang merupakan penyempurnaan dari Geneva Convention on Road Traffic tahun 1949 dan sebelumnya Paris Convention on Motor Traffic tahun 1926. Surat Izin Mengemudi yang berlaku sekarang diatur berdasarkan Annexe 6 untuk Surat Izin Mengemudi Domestik dan annexe 7 untuk Surat Izin Mengemudi Internasional Konvensi Vienna.

Lembaga Penerbit SIM Internasional

Lembaga yang menerbitkan SIM Internasional adalah Asosiasi Kendaraan Bermotor/Klub Kendaraan Bermotor, untuk Indonesia diterbitkan oleh Ikatan Motor Indonesia yang berkantor di Stadion Tenis 1, Jalan Pintu 1 Senayan, Jakarta. Namun, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2010, penerbitan SIM Internasional diambil alih oleh Kepolisian Republik Indonesia. SIM Internasional tidak lagi diterbitkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Sejak tanggal 3 Desember 2010, pengurusan SIM Internasional di Kepolisian Republik Indonesia harus dilakukan langsung oleh pemohon di Jakarta dan tidak bisa diwakilkan.

Masa Berlaku

Masa berlaku SIM Internasional adalah 3 tahun.

Berkas yang Wajib Dibawa

  • KTP (asli)
  • Paspor (asli)
  • SIM domestik Indonesia (asli, SIM harus masih berlaku)
  • KITAP (asli, untuk WNA)
  • Materai Rp 6000,-

Biaya

Biaya pembuatan SIM internasional baru adalah Rp.250.000,- sedangkan biaya perpanjang adalah Rp.225.000,- (berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)).

Layanan Registrasi Online untuk tanggal yang sama dengan tanggal kedatangan hanya dapat dilakukan sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai pembuatan SIM Internasional, hubungi Korlantas Polri SIM International
Alamat: MT Haryono St No.37-38, RT.8/RW.2, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan 12770
Telepon: (021) 7989702.

Panduan

Langkah-langkah untuk membuat SIM Internasional:

  1. Klik tombol Daftar
  2. Isi formulir registrasi online
  3. Unduh dan cetak bukti registrasi online
  4. Datangi Gerai SIM Internasional pada tanggal yang dipilih dengan membawa serta semua berkas persyaratan dan bukti registrasi online
  5. Ambil nomor antrian dan tunggu panggilan dari loket verifikasi dan validasi
  6. Bayar biaya pembuatan/perpanjangan di loket bank
  7. Tunggu panggilan dari loket identifikasi